Jumat, 30 November 2012

Metode Ilmiah

1. METODE ILMIAH

Metode ilmiah merupakan cara atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan oleh seorang ilmuwan dalam penelitian. Metode ilmiah dibagi dalam beberapa tahapan ;


Menemukan Masalah
Percobaan dimulai dengan suatu pertanyaan, setelah itu mencoba menjawabnya dengan melakukan percobaan. Misalnya kita melihat tanaman A yang dekat dengan kandang hewan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan yang tumbuh di pekarangan rumah. Maka timbul pertanyaan Mengapa???


Ajukan Hipotesis atau dugaan
Masalah yang tadi tentu akan memunculkan jawaban sementara atau Hipotesis. hipotesis yang dimunculkan harus diselidiki kebenarannya dengan melakukan eksperimen atau percobaan. Hipotesis dapat dirumuskan dari hasil penelitian terlebih dahulu yang dapat diperoleh dari buku, majalah, artikel, forumsains. com, atau keterangan orang lain. Misalnya hipotesis tanaman A tumbuh lebih baik di dekat kandang dibandingkan yang di pekarangan adalah unsur Hara yang dikandung tanah, media tumbuh mempengaruhi pertumbuhan tanaman A.; ;)

Percobaan
Untuk menguji kebenaran hipotesis, harus dilakukan percobaan. Sebelum melakukan percobaan, ada baiknya jika menyusun perencanaan percobaan terlebih dahulu yang meliputi alat dan bahan serta penentuan variabel.

Alat dan Bahan
Sebelum melakukan percobaan, harus ditentukan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan. Kita juga harus merencanakan biaya, kterbatasan, dan sumber alat itu sendiri.keterbatasan2 itu dpt mempengaruhi percobaan yg dilakukan. Cth, Bila ingin mengetahui apakah suhu lingkungan maka harus ada alatnya yakni termometer. jika tidak tersedia tentu suhu nya tak bisa diukur dan pengaruh suhu tidak bisa diketahu


Menentukan Variabel
Variabel adalh ciri objek yg nilainya beragam. Variabel dibagi atas 2, Variabel Bebas & Variabel terikat. yang bebas merupakan faktor yg diubah, sedangkn yg terikat adalah yg tergantung perubahan variabel bebas. Contoh : percobann pengaruh struktur tanah thdp prtumbuhan tanaman . tanah = V. Bebas sementara pertumbuhan tanaman = V. Terikat. Dalam percobaan, setipa tanaman harus diberikan perlakuan yg sama seperti jenisnya, intentitas cahaya, dll, kecuali faktor yg diselidiki yakni tanah yg digunakan. :)


Menarik Kesimpulan
Setelah melakukan percobaan dpt ditarik kesimpulan atau hasil percobaan yg dilakukan. kesimpulan dpt mndukung atau tidak mendukung hipotesis yg dibuat.



2. Sikap Ilmiah
Dalam penelitian suatu obyek, ilmuwan biologi harus bersikap secara ilmiah. Pola pikir & bersikap ilmiah akan bermanfaat dalam pemecahan masalah atau fenomena sehari2. Sikap2 ilmiah tsb ;
* Dpt membedakan antara Fakta & Opini
* Berani & santun dalam pertanyaan & argumentasi
* Mengembangkan keingintahuan
* Berpendapat secara ilmiah dan kritis
* Berani mengusulkan perbaikan dan Bertanggung jawab thd usulan/perbaikan tsb
* Bekerja sama
* Jujur terhadap Fakta

0 komentar:

Poskan Komentar