Jumat, 30 November 2012

Biksu yang memumikan dirinya sendiri









Mumi...Siapa yang tidak pernah mendengar cerita ini, bagi yang pernah membaca salah satu artikel saya tentang mumi yang membawa kutukan mungkin cerita dibawah ini agak sedikit aneh.
Sokushinbutsu (? ? ?), sebuah istilah untuk mumi yang satu ini, tidak seperti mumi Mesir atau lainnya yang disebut miira (???, sebuah kata yang berasal dari Portugis).


Berlainan dengan mumi Mesir, mumi Jepang ini tidak dibalsem setelah kematian orang tersebut. Sokushinbutsu berarti "Buddha hidup". Untuk mencapai status tinggi ini biksu dilatih sebagian besar hidup mereka dipertapaan Mokujiki, dalam menunjang kehidupannya mereka hanya mengkonsumsi air dan kacang-kacangan dan melakukan meditasi sepanjang hari. Proses ini membuat mereka kehilangan sebagian berat tubuh sebanyak-banyaknya selama mereka tetap hidup. Begitu para pertapa telah merasa siap , setelah berpuasa selama berminggu-minggu, mereka kemudian dikubur hidup-hidup dalam kotak kayu di dalam tanah dan dibiarkan untuk bermeditasi, proses mumifikasi dimulai dan akhirnya menuju kematian. 1.000 hari kemudian para pertapa yang telah terpendam ini digali oleh murid-murid mereka dan jika penampilan mereka setelah ditinggal tidak berubah, mereka kemudian diberi status Sokushinbutsu.

Sekarang, praktek Sokushinbutsu dilarang oleh hukum, karena merupakan bentuk bunuh diri.

Posted by: Arry LiverpudLian
sumber: kawi

0 komentar:

Poskan Komentar