Jumat, 29 November 2013

Memasukan Telur Ke Dalam Botol

Malasari

XI AP3

Memasukan Telur Ke Dalam Botol

memasukan telur ke dalam botol wanibesak
Telur yang telah direbus dapat dimasukan ke dalam botol dengan botol. Tentu kita tidak pernah berpikir untuk memasukan telur melalui botol yang mulutnya lebih kecil dibanding ukuran telur. Karena jika dimasukan dengan cara di dorong tentu saja telur tersebut akan hancur. Oleh sebab itu untuk memasukannya diperlukan tekanan udara. Hal ini dapat dilakukan di dalam laboratorium maupun dirumah.

Alat dan Bahan
- Telur rebus yang telah dikupas
- Botol dengan diameter mulut sedikit besar tetapi tidak dapat dilewati oleh telur rebus.
- Kertas
- Korek

Cara kerja
Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memasukan telur ke dalam botol yakni sebagai berikut.

Cara I
1. Siapkan botol yang akan digunakan
2. Bakar selembar kertas, kemudian segera masukan ke dalam botol
3. Letakan telur yang telah direbus dan telah dikupas di atas mulut botol
4. Tekan sedikit telur agar telur sesak pada mulut botol. Tujuannya tidak ada udara yang kelur maupun masuk ke dalam botol.
5. Tunggu beberapa saat. Secara perlahan telur akan masuk ke dalam botol.

Cara II
Selain menggunakan cara di atas proses pemanasan botol dapat dilakukan menggunakan air panas dan nitrogen cair.
Telur yang telah diletakan di mulut botol diletakan di dalam air panas sehingga telur akan masuk ke dalam botol.
Nitrogen cair merupakan cairan yang sangat dingin namun sedikit berbahaya karena dapat menghancurkan kaca oleh sebab itu dapat juga menggunakan air es. Ketika diletakan dalam air es telur secara perlahan akan masuk ke dalam botol.

Penjelasan
Setelah melakukan percobaan ini tentu kita akan bertanya mengapa hal ini dapat terjadi. Untuk menjawab pertanyaan ini kita lihat kembali pada langkah 4, telur yang telah diletakan di atas botol akan menutupkeluar atau masuknya udara. Oleh sebab itu ketika kertas terbakar udara di dalam botol semua akan digunakan untuk melangsungkan reaksi. Ketika api telah padam suhu dan tekanan di dalam botol menurun. Hal ini menyebabkan tekanan udara yang berada di luar botol lebih tinggi atau lebih besar dibanding tekanan udara di dalam botol. Karena hal inilah yang menyebabkan telur akan terdorong ke dalam.

Cara mengeluarkan telur dari dalam botol
Setelah memasukan tentu kita perlu mengeluarkannya. Untuk mengeluarkan telur yang telah dimasukan dapat dilakukan dengan cara meningkatkantekanan di dalam botol sehingga tekanan di dalam botol lebih tinggi dari tekanan luar sehingga telur akan keluar ketika botol dimiringkan. Cara mengerjakannya dengan cara meniupkan udara ke dalam botol.

0 komentar:

Posting Komentar