Sabtu, 30 Agustus 2014

 NAMA  : ASEP HEGAR  

 KELAS  : XI AK 2

 

 

Inovasi Unik, Pengharum Ruangan dari Rumput Laut

Ada yang pernah dengar pengharum ruangan yang terbuat dari rumput laut? Hmm…Unyil baru dengar nih. Biasanya kan pengharum ruangan dari bunga atau buah segar. Tapi ternyata pengarum ruangan ini termasuk aman untuk kesehatan, lho.
Pengharum Ruangan + Rumput Laut
Rumput laut yang digunakan adalah rumput laut jenis Eucheuma Cottonii yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Rumput laut ini dipilah terlebih dahulu agar mudah dihancurkan dan tidak tercampur kotoran.

Eucheuma Cottonii ini adalah jenis rumput laut merah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena selain kandungan karaginan nya yang tinggi, jenis rumput laut ini juga mudah dibudidayakan di perairan tropis. Biasanya jenis ini dibudidayakan di daerah pantai dengan metode ikat tali, yaitu dengan mengikatkan bibit rumput laut pada tali-tali panjang. Lalu dibiarkan sampai kurang lebih 60 hari. Setelah itu rumput laut siap dipanen.
Pengharum Ruangan + Rumput Laut
Rumput laut yang baru dipanen kemudian direndam dengan air dan larutan kapur secara bertahap, setelah itu dikeringkan hingga akhirnya siap untuk dijadikan olahan. Setelah itu masukkan rumput laut kering yang sudah dipilah ke dalam mesin giling. Proses penggilingan biasanya dilakukan dua kali sampai rumput lautnya berubah menjadi tepung halus dengan ukuran sekitar 100 mesh.
Tepung rumput laut ini banyak mengandung karaginan, yaitu jenis senyawa hidrokoloid yang mampu menyerap air dan membentuk gel. Kemampuan karaginan dalam membentuk gel inilah yang banyak dimanfaatkan untuk membuat olahan makanan seperti agar-agar dan bakso, berbagai olahan kosmetik, hingga gel pengharum ruangan alami yang ramah lingkungan.
Pengharum Ruangan + Rumput Laut
Sebelum digunakan, tepung rumput laut harus disterilkan dulu dengan cara dipanaskan agar tahan lama. Setelah itu timbang tepung yang sudah steril sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian masukkan ke dalam panci, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Pastikan campuran tepung rumput laut dengan airnya benar-benar lembut dan tidak menggumpal, supaya gel yang dihasilkannya nanti juga lebih sempurna.
Setelah itu panaskan adonan gel sampai mendidik sambil diaduk terus. Jangan lupa tambahkan pengawet kitosan kulit udang. Juga pewarna makanan agar warna gel nya lebih menarik. Terakhir baru masukkan minyak atsiri pewangi stroberi untuk memberi aromanya. Tapi pengharum ruangan ini juga bisa menggunakan pewangi dengan aroma lain, seperti lavender, sereh, cendana, melati ataupun green tea. Jika pewangi sudah dimasukkan, tinggal tuang adonan yang masih panas ini ke dalam cetakan. Agar lebih menarik, kita menggunakan cetakan berbentuk hewan seperti lumba-lumba, kura-kura dan beruang. Baru deh diamkan adonan agar dingin dan memadat.
Pengharum Ruangan + Rumput Laut
Jika gel pengharum ruangannya sudah jadi, kita keluarkan dari cetakan. Tapi biasanya bentuk gel nya masih ada yang belum rapi, jadi harus dirapikan dulu dengan memotong sisa-sisa bagian tepinya. Selanjutnya masukkan gel pengharum ruangan ke dalam kemasan plastik, agar aromanya tidak cepat menguap dan tidak terkontaminasi bakteri.
Pengharum Ruangan + Rumput Laut
Gel pengharum ruangan dari rumput laut ini sudah banyak dijual di Kota Bogor dan sekitarnya dengan harga 15 ribu rupiah saja. Jika dibandingkan dengan pengharum ruangan semprot, gel pengharum ruangan ini jauh lebih praktis dan aman untuk kesehatan karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan aerosol atau bahan kimia berbahaya. Jadi dijamin aman deeh. (Tri Sugiarti)

0 komentar:

Poskan Komentar