Kamis, 28 Agustus 2014

Nama: Fauzia Husna Nadya

Kelas: XI RPL



Pengaruh Pencucian terhadap Pengawetan atau kualitas Telur Ayam. 




Teorinya adalah : 
Kualitas telur ditentukan oleh dua faktor, yakni kualitas luarnya berupa kulit cangkang dan isi telur. Kualitas luar ini bisa berupa bentuk, warna, tekstur, keutuhan, dan kebersihan kulit cangkang. Sedangkan yang berkaitan dengan isi telur meliputi kekentalan putih telur, warna dan posisi telur, serta ada tidaknya noda-noda pada putih dan kuning telur. kerusakan pada telur ayam biasanya 
disebabkan oleh adanya CO2 yang terkandung di dalam telur ayam sudah banyak yang keluar, sehingga derajat keasaman meningkat. jika cangkang telur ayam dicuci terlalu bersih maka akan terjadi penipisan pada cangkang telur sehingga meudahkan Masuknya mikroba ke dalam telur melalui pori-pori kulit telur. Penguapan yang terjadi akan membuat bobot telur menyusut, dan putih telur menjadi lebih encer. 

Usaha untuk mengatasinya : 
selain disimpan pada suhu yg dingin (refrigerator), untuk menjaga kualitas telur agar tahan lebih lama, maka cangkang telur diolesi dengan minyak kelapa. hal ini disebabkan karena mikroba perusak akan sulit beradaptasi pada lingkungan yang mengandung minyak. Pengawetan telur dengan minyak kelapa tidak hanya mampu mempertahankan kesegaran telur, tapi juga mampu mempertahankan keutuhan nilai gizinya. 
Hal ini amat menguntungkan, karena selain prosesnya mudah juga irit dalam biaya.


Sumber: https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110907031632AAt1hk0

0 komentar:

Poskan Komentar