BAB
I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Selama hidup manusia tidak
akan terlepas dari perkembangan teknologi. Pada awalnya teknologi memang diciptakan untuk mempermudah
kehidupan manusia. Namun seiring perkembangannya, siap atau pun tidak siap kita
akan dihadapkan pada beberapa dampak negatif dari teknologi itu sendiri. Tentu
kita tidak mengesampingkan berbagai manfaat yang dapat kita rasakan dari
perkembangan teknologi dalam kehidupan kita.
Perkembangan
dan kebebasan media massa adalah tolak ukur kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi. Demikian pula yang terjadi sekarang ini, media cetak dan elektronik
berkembang cukup pesat. Secara kuantitas media seperti koran, tabloid,
televisi, VCD, dan internet sangat jauh meningkat dibandingkan masa sebelumnya.
Namun hal yang perlu disayangkan adalah peningkatan ini tidak dibarengi dengan
peningkatan kualitas. Bila kita mencermati isinya, banyak media yang tidak
berbobot dan terkesan hanya berorientasi terhadap komersialisme, atau dengan
kata lain sesuai selera pasar. Namun pihak-pihak yang bersangkutan lupa untuk
memikirkan aspek edukasi dan nilai-nilai yang sesuai dengan budaya masyarakat.
1.2
Rumusan Masalah
Bagaimana
Perkembangan Teknologi di Indonesia ?
Bagaimana
dampak positif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia ?
Bagaimana
dampak negatif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia ?
1.3
Tujuan
Dapat
mengetahui perkembangan teknologi di Indonesia
Dapat
mengetahui dampak positif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia
Dapat
mengetahui dampak negatif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia
1.4
Sasaran
Untuk
semua pengguna teknologi agar memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai mana
fungsinya dan tidak berlebihan.
Bab II
Pembahasan
2.1 Perkembangan Teknologi di Indonesia
Perkembangan teknologi
akhir-akhir ini sangat berkembang pesat. Mulai dari berkrmbang nya teknologi
informasi seperti smartphone, internet, mobile, hingga teknologi dalam bidang
pendidikan.
perkembangan
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yang sangat pesat ini, mau tidak
mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan
segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI
dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada
teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti penggunaan e-learning,
e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan lainnya.
Perkembangan
teknologi informasi dapat di aplikasikan dalam bidang pendidikan dengan:
Berkembang nya
pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
Sharing resource
bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
Penggunaan perangkat
teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan
secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Perpustakaan
elektronik (e-library) merupakan salah satu revolusi teknologi informasi
yang tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka
dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip
buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah
mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam
berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke
internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan
menjadi tidak terbatas.
2.2 Dampak Positif
1. Munculnya Media
Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan.
Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain.
Dampak dari hal ini yaitu guru
bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar
tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi
juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, olehnya itu guru
disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk
mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam
menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam
pembelajaran.
2. Munculnya metode-metode
pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses
pembelajaran.
Dengan kemajuan Teknologi
terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi
yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat
abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.
3. Sistem pembelajaran
tidak harus melalui tatap muka
Selama ini, proses pembelajaran yang
kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka
langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak
harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa
pos Internet dan lain-lain.
4. Adanya sistem
pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.
Dulu, ketika orang melakukan sebuah
penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh
harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan
IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan
waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu
dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data
dengan memamfaatkan berbagai program yang telah di installkan.
5. pemenuhan
kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat
Dalam bidang pendidikan tentu banyak
hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu ; Penggandaan
soal Ujian, dengan adanya mesin foto copy, untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah
soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya
kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu
dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.
Khususnya dalam kegiatan pembelajaran,
ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu
:
1. Pembelajaran menjadi
lebih efektif, simulatif dan menarik
2. Dapat menjelaskan
sesuatu yang sulit / Kompleks
3. Mempercepat proses
yang lama
4. Menghadirkan peristiwa
yang jarang terjadi
5. Menunjukkan peristiwa
yang berbahaya atau diluar jangkauan
2.3Dampak Negatif
Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan
muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam
proses pendidikan, antara lain ;
1. Siswa menjadi malas
belajar
Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar,
seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi
malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya
untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ;
Facebook, Chating, Frienster dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan
berpengaruh erhadap minat belajar siswa.
2. Terjadinya
pelanggaran Asusila.
Sering kita dengar di berita-berita, dimana terjadi pelaku pelanggaran asusila
dilakukan oleh seorang pelajar terhadap pelajar lainnya, seperti terjadinya
tawuran antar pelajar, terjadi priseks, pemerkosaan siswi dan lain-lain.
3. Munculnya media
massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan
yang disalah gunakan oleh pelajar.
Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat
menimbulkan adanya berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti
adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS,
main Facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar
malah digunakan untuk bermain, sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia.
Akhirnya semuanya itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar
siswa dan bahkan terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.
4. Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam proses
pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi malas
dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat
makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari
bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga siswa
menjadi malas berusaha dan belajar.
5. Kerahasiaan alat tes
untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya
kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan
teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih,
maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain,
inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan
kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah
dan masyarakat.
6. Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat
positif, namun pada akhirnya sering kali tujuan itu diselewengkan dengan
berbagai alasan. Contohnya ; seorang Heker dengan kemampuannya melakukan
penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan
perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank atau kekantor-kantor,
cukup dengan melakukan pembobolan system keuangan atau informasi
penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya.
BAB
III
Penutup
A.Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa pada zaman
dahulu bekomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini.
Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasidengan cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologikomunikasi
semakin berkembang dan terus berkembang.
B.Saran
Dalam kesempatan kali ini, kami hanya dapat menyerahkan bahwa pergunakanlah teknologi dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat dan merusak moral anak bangsa.
(karya ilmia tentang perkembangan teknologi terhadap
manusia) randi x tsm
0 komentar:
Posting Komentar