Jumat, 31 Mei 2013

Kapsul Penyelamat Tsunami

tsunami survival pod
IlmuPengetahuan  – Terinspirasi oleh tsunami tragis yang melanda Jepang tahun lalu, Australian Houseboat Builder, Matt Duncan asal Australia memutuskan untuk merancang dan membangun sebuah kapsul yang berfungsi untuk tempat penyelamatan diri dari bencana tsunami. Survival Pod Tsunami adalah nama dari benda yang berbentuk kapsul atau menyerupai tangki air berwarna orange tersebut,  dirancang untuk melindungi dari hantaman tsunami, yang bisa digunakan hingga empat penumpang.
interior tsunami survival podTerbuat dari bahan yang sama yang dia gunakan dalam rancangan Haouseboat Spiralnya. kapsul tersebut mampu bertahan hingga berat enam ton. Hampir seperti mobil yang sistemnya dirancang untuk menyerap dan mengurangi dampak dari tsunami. Desain kursi penumpang dibentuk bak gaya mobil rally, lengkap dengan lima titik keamanan yang diperuntukkan mencegah penumpang di dalamnya dari goncangan akibat terkena hantaman dan terseret arus kuat tsunami, dilengkapi pula jendela anti peluru setebal 1 inci yang berguna agar cahaya bisa menerangi di dalam kapsul dan yang jelas agar tidak begitu sesak di dalam.
Kapsul “POD” ini memiliki simpanan udara selama kurang lebih 2,5 jam untuk bertahan hidup. Kapsul “POD” ini juga dilengkapi lampu seperti suar yang berkedip yang berfungsi untuk memberi tahu tim penyelamat, serta dilengkapi pula pengait untuk penyelamatan menggunakan helikopetr. Harga kapsul “POD” tersebut dibanderol dengan harga $ 8.500, mungkin harga tersebut terbilang kecil untuk membayar sesuatu yang benar-benar bisa menyelamatkan hidup Anda, kata Matt Duncan.

 Sumber : www.news.com.au/national/aussie-creates-8500-steel-tsunami-survival-pod/story-fndo4eg9-1226476458453

0 komentar:

Poskan Komentar