Sabtu, 25 Agustus 2012

Tempat Sampah Berteknologi Tinggi


Perkembangan teknologi di abad 20 ini memang sangat berkembang pesat. Semakin tinggi kebutuhan manusia maka perkembangan teknologi pun semakin dituntut agar dapat memudahkan siapa saja dalam melakukan segala kegiatan. Perkembangan teknologi yang selalu diperbincangkan biasanya perkembangan teknologi gadget, otomotif, serta alat transportasi. Tapi, saat ini ada perkembangan teknologi yang melirik pada kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan itu identik dengan sampah. Nah, tahukah anda bahwa banyak sekali teknologi yang diterapkan pada tempat sampah?
Ada beberapa tempat sampah yang sudah berteknologi canggih dimana telah didesain secara modern dan memiliki fungsi yang sangat luar biasa. Adapun tempat sampah berteknologi tinggi ini diantaranya :
1.  Touchless Automatic Trash Can
Tempat sampah ini dilengkapi dengan sensor infrared, sehingga tempat sampah ini terbuka secara otomatis selama kita berada pada posisi 6 inci dari sensor. Setelah 3 detik tempat sampah tidak merasakan sensor, slide pada tempat sampah ini akan tertutup secara otomatis.
2.       Barcode Trashcan
Tempat sampah ini dilengkapi dengan barcode. Tempat sampah ini didesain untuk memilih sampah plastik yang dapat didaur ulang atau tidak dengan mendeteksi tanda daur ulang yang biasanya terdapat pada bagian bawah botol.
3.       Expanding Office Bin
Tempat sampah ini didesain menggunakan bahan yang bersifat elastis dimana tempat sampah ini akan mengembang apabila sampah yang ada didalamnya cukup penuh.
4.       Ovetto Bin
Seorang Arsitek Italia Gianluca Soldi, yang sangat terlibat dalam lingkungan hidup, merancang Ovetto Bin untuk membuat daur ulang yang lebih mudah dan lebih terorganisasi. Ia menawarkan tiga divisi tersendiri untuk berbagai jenis daur ulang. Setiap komponen memiliki pintu untuk tas removal dan penutup untuk menurun sampah, serta warna-warna yang berbeda untuk menempatkan sampah yang masuk.
5.       Armstrong Bin
Tempat sampah ini didesain untuk memampatkan volume produksi sampah kita setiap hari. Nama Armstrong Bin berasal dari manusia pertama yang mendarat di bulan, seperti anda akan mendaratkan sampah pertama anda di sini.
6.       Minus Trash Can
Perancang asal Turki, Cem Tutuncuoglu memiliki ide cemerlang untuk menjauhkan tikus-tikus pengincar aroma busuk dari dapur. Dengan kreativitasnya ia berhasil menciptakan Minus Frozen Garbage Container. Tempat sampah ini didesain untuk menjaga sampah organik agar tetap berada di bawah suhu nol derajat sehingga tidak mengalami pembusukan dan mengeluarkan aroma busuk.
7.       Smart Bin
Tempat sampah ini memiliki dual-screen LCD Display dan terintegrasi dengan konektivitas Wi-Fi yang akan membuatnya menjadi wireless hotspot untuk masyarakat sekitarnya. Layar atau LCD Display pada Smart Bin ini juga berfungsi atau dapat menampilkan berita dunia dari para ahli ekonomi dan juga harga saham saat ini. Di kota London baru ada sekitar 25 unit Smart Bin yang ditempatkan.
Tidak hanya negara Inggris saja yang dapat menikmati membuang sampah sambil melihat berita ekonomi dan berdecak kagum akan tempat sampah pintar ini. Karena selain kota London, tempat sampah ini juga hadir dibeberapa kota lainnya di seluruh dunia, seperti Tokyo, New York, dan Singapura.
Nah, sudah tahu kan macam-macam tempat sampah berteknologi tinggi saat ini. Sayangnya, tempat sampah ini baru ada di luar negeri dan belum digunakan di Indonesia. Apakah dengan adanya tempat sampah berteknologi tinggi ini masyarakat kita baru akan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya? Kira-kira tempat sampah apa yang cocok untuk diaplikasikan di Indonesia ya? (Fajri Rahmawati_

Sumber :
http://www.priagoenks.com/2012/02/teknologi-terbaru-tempat-sampah-pintar.html
http://unik-aneh.lintas.me/go/situsaja.blogspot.com/6-tempat-sampah-ber-teknologi-tinggi/
http://mr-annom.blogspot.com/2012/02/tempat-sampah-yang-dilengkapi-dengan.html

Nama anggota :
Susan Ratnaningrum ( X AP 1)
Wita ( X PS 2 )
Karsih ( X AP 2 )

0 komentar:

Poskan Komentar